Powered By Blogger

Senin, 03 Oktober 2011

Daging Merah Picu Diabetes Kronis


MASSACHUSETTS (KRjogja.com) - Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Harvard School of Public Health merupakan studi terbesar yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition. Memakan daging merah olahan sebanyak 50 gram setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes seseorang hingga 51 persen, sementara makan 100 gram daging merah yang diproses setiap hari, mampu meningkatkan risiko sebesar 19 persen.

Namun, risiko tersebut bisa turun jika daging merah diganti dengan kacang, daging putih, susu rendah lemak atau protein gandum. "Hasil dari studi ini memiliki dampak yang besar bagi kesehatan masyarakat tentang meningkatnya penyakit diabetes pada tipe 2 dan memberitahukan bahwa kini konsumsi daging merah telah meningkat di seluruh dunia," jelas Frank Hu, penulis senior dalam penelitian ini.

"Kabar baiknya ialah faktor risiko yang dapat mengganggu kesehatan dapat diimbangi dengan cara menukar konsumsi daging merah ke konsumsi protein sehat,"tambahnya.

Data untuk penelitian ini berasal dari kuesioner dengan melibatkan lebih dari 204ribu orang di AS, yang melibatkan perawat dan pelajar kesehatan profesional. rentang umur yang menjadi subjek penelitian ialah mereka yang berusia 14 sampai 28 tahun. Para peneliti juga memperbarui data mereka dengan penelitian lain yang mencakup lebih dari 442ribu peserta.

Pusat pengendelaian dan pencegahan penyakit di AS menyatakan bahwa diabetes sudah menyerang hampir 350 juta orang dewasa di seluruh dunia dan lebih dari 11 persen orang dewasa di atas usia 20 tahun atau sebnyak 25,6 juta orang sudah terjangkit penyakit ini di AS.

Diabetes tipe 2, merupakan penyakit yang lebih kronis yang melibatkan tingkat gula darah yang tinggi, sering disebabkan oleh obesitas, kurang olahraga dan kebiasaan makan-makanan yang tidak sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar